Seputar Rematik dan Pengobatannya

by jack sobari , at 22.19 , has 0 komentar
Rematik adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan kronis. Peradangan kronis ini terjadi karena adanya gangguan autoimun di mana gangguan ini muncul ketika sistem imun yang seharusnya berperan sebagai pertahanan utama dari berbagai penyebab penyakit seperti bakteri, virus, dan jamur keliru menyerang sel-sel serta jaringan dalam tubuh penderita sendiri. Secara umum, penyakit rematik terbagi menjadi dua jenis, yaitu rematik arthritis dan rematik osteoarthritis. Faktor risiko munculnya penyakit rematik ini cukup banyak, diantaranya adalah obesitas, stress, infeksi, dan sirkulasi darah.

penyakit rematik dan pengobatanya


Tanda dan gejala rematik
Sedangkan untuk tanda-tanda penyakit rematik, berikut ulasannya beserta gejalanya:
  • Nyeri dan bengkak pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh. Umumnya rasa nyeri sendi ini terjadi di bagian pergelangan tangan.
  • Bengkak terkadang muncul di bagian persendian pergelangan jari, kaki, tanganm lutut, bahu, punggung, pinggang, dan leher.
  • Rasa nyeri dapat berpindah-pindah tempat bahkan bisa terasa nyeri secara bersamaan di beberapa daerah persendian.
  • Timbul rasa kaku pada bagian sendi di pagi hari sekitar 30 menit hingga 60 menit. 

Sebagian besar penderita rematik tidak menyadari bahwa mereka telah menderita penyakit rematik. Yang mereka tahu hanyalah radang sendi biasa. Banyak juga yang menganggap bahwa penyakit rematik hanyalah penyakit biasa dan tidak berbahaya. Padahal ada jenis penyakit rematik yang sangat berbahaya dan harus mendapatkan penanganan medis secara intensif. Arthritis rematoid, misalnya, adalah jenis penyakit rematik yang tergolong berbahaya dapat menyebabkan cacat permanen hingga meninggal dunia.

Cara mengobati
Lantai bagaimana cara mengobatinya? Penderita penyakit rematik khususnya arthritis rematoid sebaiknya mendapatkan pengobatan. Ada beberapa jenis obat yang biasa diberikan pada penderita rematik. Namun beberapa diantaranya hanya dapat mengatasi gejalanya saja atau hanya untuk menghilangkan rasa nyeri akibat rematik saja. Nah, langkah yang paling efektif untuk mencegah terserangnya tubuh dari penyakit ini adalah dengan mencegah penyebabnya seperti misalnya anemia dan kelelahan. Berikut ini ada beberapa referensi obat yang dapat mengatasi gejala rematik.

Obat biologis
Jenis obat ini adalah obat hasil rekayasa genetika yang diciptakan untuk menandai permukaan sel-sel atau substansi tertentu yang terdapat di pengantar sistem kekebalan tubuh yang sering disebut dengan istilah sitokin. Sitokin ini diproduksi oleh sel untuk mengatur sel-sel lainnya selama terjadi respon inflamasi. Contoh sitokin yang sering menjadi target obat biologis ini adalah sitokin dengan nama IL-6.

DMARDs (Disease Modifying Anti Drug)
Obat yang satu ini termasuk ke dalam jenis obat imunosupresif yang mampu mengatasi berbagai gejala penyakit arthritis rematoid. Obat ini juga dapat memperlambat terjadinya kerusakan sendi sehingga kerusakan sendi secara progresif dapat dicegah. Umumnya pengobatan dengan menggunakan jenis obat ini akan dikombinasikan dengan obat-obatan lain dengan tujuan untuk meningkatkan respon oleh pasien. Dua jenis obat lainnya yang sering digunakan untuk mengatasi arthritis rematoid adalah obat antiinflamasi antisteroid dan kortikosteroid.

Obat Herbal Jeli Gamat
Salah satu obat herbal untuk mengurangi sakit pada rematik khususnya daerah persendian adalah jeli gamat luxor. Produk suplemen makanan yang satu ini terbuat dari bahan alami yaitu ektrak teripang emas. Berbagai kandungan alami dalam gamat seperti Kolagen, Glucosamine dan Mukopolisakarida terbukti efektif dalam mencegah peradangan dan juga mengurangi rasa sakit akibat rematik, dimana khasiat ini ternyata sama dengan khasiat dari berbagai obat-obatan medis untuk mengobati rematik, tapi aman dan tanpa efek samping.
jack sobari
About
Seputar Rematik dan Pengobatannya - written by jack sobari , published at 22.19, categorized as Info Penyakit , rematik . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply